Menu Close

Lyon Gagal Main di Liga Eropa UEFA, Karena Bandingnya Ditolak

Lyon Gagal Main di Liga Eropa UEFA, Karena Bandingnya Ditolak
Lyon Gagal Main di Liga Eropa UEFA, Karena Bandingnya Ditolak
Aksi Pemain Lyon untuk Mendapat Tiket ke Liga Eropa UEFA 2019-2020

Baik Amiens dan Toulouse akhirnya bisa menghirup napas lega, lantaran tidak jadi terdegradasi dari kompetisi Ligue 1. Sementara itu, Lyon malah tak berhasil dengan bandingnya, sehingga mimpi bermain di Liga Eropa UEFA 2019 / 2020 pun harus kandas.

LFP atau Otoritas Liga Prancis memang men stop bergulirnya Ligue 1 2019 / 2020, walau masih ada 11 laga lagi yang harus dipertandingkan. Keputusan tersebut muncul, karena wabah pandemi virus COVID – 19 yang semakin menggila. Sehingga pemerintah negara Prancis pun melarang semua kegiatan publik yang mengundang kerumunan hingga bulan September 2020.

Gelar juara pun diberikan LFP kepada PSG (Paris Saint-Germain) diekori Marseille serta Rennes sebagai 3 klub yang layak berlaga di Liga Champion 2019 / 2020. Sementara itu, Lille, lalu Nice, dan juga Reims diberikan tiket ke kompetisi antar klub se Eropa kelas 2, atau Liga Eropa UEFA. Adapun Lyon yang hanya ditetapkan untuk nangkring di ranking 7 tidak bisa bertanding di Liga Eropa UEFA.

Untuk 2 klub papan bawah, yaitu Amiens dan Toulouse harus menerima kenyataan pahit didegradasi dan tercatat cuma Nimes yang berhasil lolos. Melihat hal itu, Lyon beserta Amiens dan Toulouse pun merasa dizolimi, karena berpikir masih punya kans di sisa musim 2019 / 2020 untuk mengejar target masing-masing.

Oleh sebab itu, mereka pu nmenggugat LFP ke The Conseil d’Etat, pengadilan administrasi Prancis, sekaligus meminta LFP untuk membatalkan putusan penangguhan musim, lalu tetap menuntaskan Ligue 1 musim ini. Apalagi, semua liga-liga top Eropa pun masih akan berlanjut di bulan yang sama.

Namun sayang, pengadilan menilai LFP tidak melanggar hukum sama sekali. Alhasil, Lyon pun tetap gagal untuk bisa maju ke kompetisi Eropa lewat trek Liga Eropa UEFA.

Disisi lain, pengadilan telah menangguhkan degradasi Amiens dan Toulouse, hingga LFP mendapat opsi paling pas untuk kompetisi Ligue 1 musim 2020 / 2021. Adapun keputusan final terkait wacana tersebut adalah hingga 30 Juni 2020.

“Kami sama sekali tidak menemukan kesalahan yang dilakukan oleh LFP, atas semua keputusannya. Dalam hal ini sama sekali tidak ada klub yang diuntungkan dan dirugikan. Mengingat memang belum bisa ditentukan lagi, kapan pastinya Ligue-1 memungkinkan digelar lagi”, kata staf pengadilan saat diwawancara Sportskeeda.

Lyon sejatinya dinilai masih punya kans untuk maju ke Liga Eropa UEFA, apabila menaklukkan PSG di partai final Piala Liga Prancis / Coupe de la Ligue. Partai final tersebut seharusnya digelar pada 4 April 2020, tapi sama seperti kompetisi sepakbola lainnya yang harus ditunda karena pandemi COVID – 19.