Menu Close

Membedakan Lever Block dan Chain Block dalam Bidang Lifting

Membedakan Lever Block dan Chain Block dalam Bidang Lifting

Membedakan Lever Block dan Chain Block dalam Bidang Lifting

Setiap industri lifting, tentu harus ada kombinasi antara kawat seling pvc dan alat bantu pada media mekanik untuk memberikan segi keamanan. Dengan dua kombinasi alat tersebut maka sistem pemindahan barang akan berjalan lebih aman. Sehingga peran lever block dalam sistem angkat mungkin tidak asing lagi bagi kalangan industry selama ini.

Lever block sendiri memang di fungsikan sebagai media angkat, tarik dan membantu menurunkan sebuah benda dengan ukuran besar. Meski hanya terdiri dari dua hook dan satu chail seling, semua benda dalam posisi vertical maupun horizontal dapat di angkat memakai lever block. Itulah segi keunggulan memakai lever block dalam dunia lifting.

Sama halnya dengan penggunaan chain block. Alat bantu yang memiliki kesamaan dalam segi fungsinya. Yakni untuk membantu memindahkan beban dalam ukuran volume besar. Namun kedua alat ini ternyata berbeda jika ditelusuri secara detalil. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Membedakan Lever Block dan Chain Block

Lever block dan chain block yang terhubung dengan kawat seling pvc memiliki sejumlah kemiripan. Dan untuk membedakan secara detail adalah:

  • Latch di Hook

Pada kedua alat ini memiliki latch. Karena keduanya memang berfungsi sebagai penahan dan dipakai untuk mempertahankan beban dan pengait tidak lepas. Jadi jika diaplikasikan secara tepat baik lever maupun chain akan mampu menopang volume barang dalam cakupan besar.

  • Terdapat dua Hook

Kedua media ini memiliki dua buah hook yang ada pada sisi atas dan bawah. Pada bagian pengait akan dipasangkan upper hook sedangkan sebagai media kaut akan dipasangkan lower hook. Ini untuk menjaga ketahanan gentakan lebih stabil pada kedua sisi.

  • Roda Gigi

Baik chain maupun lever block memiliki roda gigi dari bahan yang sama yakni campuran logam dengan sifat tahan korosi atau karat. Sehingga segi kekuatan dua block akan sama-sama memiliki ketahanan khusus.

  • Jumlah Chain Seling

Chain seling pada lever block hanya memiliki satu bagian saja. Sedangkan ada chain block memiliki bagian chain lebih banyak. Dari perbandingan ini maka chain block dinilai lebih cocok dipakai dalam pengaplikasian barang dengan volume lebih besar.

Itulah cara mudah membedakan dua media pengait kawat seling pvc yang bisa Anda ketahui. Meski sifat dan kegunaannya sama, pemilihan salah satu alat diatas tergantung pengaplikasian Anda di area industri.